Rabu, 14 April 2010

jalan2 desemberan (dec 27 )

Rencana hari ini adalah jalan2 ke pura dan pura dan pura he..he..he.. Pura pertama adalah Narmada. Sebenarnya pura ini terletak di dalam komplek yang nurutku lebih mirip komplek keraton. Disana ada mata air awet muda, trus nyobain berdoa disana plus minum air dari mata air itu...sueger!!!

Pura kedua terletak di daerah Suranadi. Nyampe di Suranadi pas jam makan so karena kita parkir di perhutani daerah hutan lindung jadi daripada jalan muter kita mbelah hutan. Dan yang ku takutin pun beneran ada...M.O.N.Y.E.T !mana guedhe-guedhe pula...tapi ada yang gak kalah guedhenya...pohon..(secara di hutan geto).






Keluar dari hutan dah nemu jajaran warung sate, mmmmmm makanan yang satu ini uenak tenant!!! namanya sate bulayak, sate sapi di makan pake bulayak ( kaya lontong tapi dibungkus pake janur) trus dikasi bumbu kacang.....pokoe maknyuz..oia makan sambil liatin anjing yang lagi belajar berenang qiqiqi lutjcuna...selesai makan lanjut jalan ke pura yang gede juga bagus tempatnya enak bgt, jadi pura2 tempat naro dupa dsb belakangnya langsung hutan lebat dengan pepohonan rindang yang menjulang...asik bgt dech.
Oia disana juga ada sumber mata air, bentuknya kaya sumur tapi dangkal trus dasarnya tu pasir nah di antara pasir ntu keluar air jd kesannya kayak ada gelembung2 gitu deh bagus banget.

Pura ketiga adalah Lingsar yang pada dasarnya sih sama aja, komplek pura dan mata air, tapi yang ini bedanya ada pemandian umumnya. okelah kayana gak bisa berlama-lama disini so langsung berangkat ke lombok utara soalnya kita mo ke Air terjun Sendang Gila.

Perjalanan ke Sendang Gila ternyata juauh buanget....kita dibawa nglewatin pinggir rinjanni yang pasti kanan-kiri hutan dan banyak monyetna, sebelum keluar hutan sempet nyobain tuak manis yang rasanya lebih mirip gula jawa yang di encerin tapi warnanya putih...tuak yang biasa juga ada, jadi orang lombok punya 2 macam tuak (jd inget balok dari toraja ada yang putih ada yang merah).


Keluar dari hutan kita nglewati daerah yang kering kerongtang, ampe kasian ngliatnya, sapi yang kurus2, pohon jarang2, rerumputan yang hampir ngak ada...padahal deket situ ada hutan lebat lho...pada kemana airnya ya???? dah gitu jalanannya rusak pula ampe bingung naik mobil kok rasanya kaya naik perahu kena ombak gede. Setelah melewati perjalanan yang penuh perjuangan itu akhirnya nyampe juga di hutan yang ada gerbangnya sendang gile...mungkin pintu masuk...tapi mana air terjunnya secara yang diliat cuma hutan belantara, tapi sapa takut buat hiking secara dah ada jalannya...ups bukan jalan ding tapi tangga. Yups setelah melewati ribuan anak tangga maka terpukaulah.....air terjunnya tinggiiiiii bgt dan tumpuk, cipratannya aja dah bikin seger gak sabar buat main airnya. Bunyi gemuruh+dinginnya air gak bikin kita mundur main aer ..wiiiiiiii...giliran dah puas eh malah bingung dimana ganti bajuna soale gak ada tempatnnya, cuma ada bangunan toilet yang gak keurus dan bau pesing, gitu juga gak ada atapnya.

Di perjalanan pulang mampir beli sate ikan di daerah Bangsal, ayam taliwang di jl pemuda Mataran and duren satu bakul di Ampenan. Nyampe rumah makan, mandi tyus bobo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar