Selasa, 14 April 2009

South Sulawesi 3

6 Maret '09, nyampe di Rantepao Tana Toraja jam 6 pagi kita nginep di Wisma Maria 1 kita sewa 2 kamar (murah lho 1 kamar semalem cuma 95rb rupiah). Tidur bentar,makan roti, cuci-cuci, tyus nyari sewaan mobil plus guide. Dgn bantuan pak Sardiman di Makassar kita ketemu ama pak Aru guide kita yang sekaligus nyariin mobilnya dan berangkatlah kita keliling TATOR (yang pada intinya adalah wisata kuburan).
Tujuan pertama kita Lemo (ato Lamo, gak tau yg bener yg mana). Disana ada Kuburan batu (itu tuh yang mayatnya di taro di tebing-tebing), jadi klo menurut cerita P'Aru orang toraja yang sudah meninggal tapi belum di kebumikan dianggap masih hidup dan disimpan di dalam rumah, mereka hanya dianggap sakit ato tidur yg gak bangun-bangun, dan kondisi itu bisa bertahan ampe tahunan. Kondisi kaya gini disebabkan klo upacara pemakaman membutuhkan biaya yang super duper buanyak (bwt ngumpulin duit maksudnya) dan lagian katanya anak toraja banyak yg ngerantau jadi sekalian kasih kesempatan mereka buat ngatur jadwal pulang. Tambah P'Aru lagi, pada jaman dahulukala mayat yang di kebumikan di taro di goa-goa alam, nah sekitar abad ke 18(ato 16 yah??? maaph lupa) orang-orang toraja mulai mengenal besi sehingga bisa memahat tebing-tebing dengan alat yang terbuat dari besi, tyus mereka mulai memakamkan mayat kedalam rongga tebing yang mereka buat itu. Penasaran kenapa pemakaman butuh biaya yang super duper buanyak??? Kebetulan waktu itu pas ada upacara pemakaman jadi kita mengundang diri sendiri untuk datang ke upacara itu (namanya upacara rambusolo).

Waktu itu yang meninggal nenek-nenek (Maaph lupa namanya), beliau udah meninggal 3thn yang lalu dan hari itu adalah upacara pemakaman hari ke2 yang rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari. Jadi sebenernya sih sama aja sama orang jawa, klo ngelayat musti bawa "sumbangan", tapi masalahnya klo di sana tuh "sumbangan"nya gak cuma teh ato gula,tapi juga kerbau ato babi. Yang emang kedua binatang itu yang biasa dimakan di sana. Keluarga ato orang-orang yang ngasih "sumbangan" tu ada artinya juga, pada intinya sih untuk nyambung silaturahmi, tapi perhitungannya pake utang. Jadi misalnya si A ngasih si B satu kerbau belang (mahal bisa ampe 100jtan) waktu keluarga si B ada yang meninggal, nah ntar klo di keluarga si A ada acara (meninggal ato menikah ato apalah) dia harus ngasih sesuatu yang harganya gak jauh beda (misal kerbau biasa plus babi).
Nah klo ngasihnya lebih berarti si A utang ma si B dan musti di bayar ntarnya begitu seterusnya, dan hal macam gini bisa terjadi turun temurun ampe cucu cicit segala lho. Itu baru urusan seserahan belom lagi klo mau buat rongga yang di tebing, musti pake acara korban segala, buat rumah-rumahan yang untuk bawa mayat (kaya kerandanya gitu) juga musti pake acara sembelih-sembelihan juga lho. Pokoknya heboh banget deh upacaranya belom lagi klo tau harga-harga kerbaunya...wiii....duit segitu buanyak ujung-ujungnya cuma habis di perut doang koq kayana sayang.
Okay lepas dari upacara pemakaman laper nih, kita di ajak ma P'Aru ke pasar Makale, di belakang pasar ada warung yang jual Papiong (makanan yang dimasak pake bambu). Disana kita pesen Papiong babi, soale kata M'Ninis enak dan ternyata....WuENAK TEUNANT!!!! Jadi babi itu selain dibumbuin juga ada sayurannya, nama sayurnya daun Maiyana (mungkin gitu tulisaannya) dan percaya gak percaya klo di jawa daun itu disebut krokot. KROKOT MAN KROKOT !!!!!semak belukar yang gada artinya...WOW! Kenyang makan Papiong kita lanjut lagi ke Tampangailo.

Di Tampangailo kita ngeliat KUBURAN. Klo yang ini kuburannya dah gak di pake' lagi soalnya goa alam ini basah karena rembesan air dari hutan di atasnya. Jadi mayat,tengkorak dan peti mati gak bisa awet lama. Tapi masih buanyak sisa-sisanya koq, dari ratusan tengkorak yang berserakan, beberapa tau-tau(boneka kayu), dan peti yang udah ancur. Tempatnya asyik bgt gak bakal rugi deh pokoknya. Lepas dari Tampangailo kita ke Kambira.
Ada apa di Kambira??? Yap betul kuburan lagi tapi klo yang ini kuburan bayi. Dan gak semua bayi bisa di kubur di situ, cara nguburnya juga unik, di tanam di dalam pohon. P'Aru bilang bayi yang boleh di kubur sini cuma bayi yang belum keluar gigi (belom punya dosa katanya).Jadi nurut cerita P'Aru lagi, pohon itu adalah pohon nangka yang getahnya warnanya putih bak air susu,sehingga dipercaya klo pohon itu bakal ngrawat bayi-bayi tersebut. Dan cara makaminpun unik, pohon di lobangin dulu sepanjang tinggi bayi, terus bayi ditaro dalam posisi berdiri, habis ntu di tutup pake ijuk. Dan satu pohon besar itu udah dibuat ngubur ratusan bayi dan waktu gwe kesana ada puluhan kuburan dan tradisi ini masih berlangsung ampe sekarang (tapi buat orang-orang yang atheis aja,klo dah punya agama ya enggak). Yang namanya tempat wisata pasti ada yg jual souvenir donk....nah di kambira ada ibu-ibu jual vanilli, kita iseng beli,kata si ibu make'nya tu di potong kecil-kecil tyus di campur di teh ato kopi. Nahhh...pas di penginepan di cobain dong...eh...gak bisa, malah aneh ngliat teh ada kotorannya (bagi yang tau gimana cara make'nya kasih tau yah...). Habis dari kambira kita ke Sangalla.
Di Sangalla ada.....bukan kuburan...ye.....Sangalla itu perkampungan tradisional. Isinya ya rumah adat Tongkonan lengkap beserta lumbungnya. Jadi Tongkonan tu belum lengkap klo blom ada lumbung di depannya. Klo cerita P'Aru Tongkonan dan lumbung ini sepasang, dimana Tongkonan sebagai wanita dan lumbung sebagai pria. Bikin Tongkonan tu gak sembarangan, selain musti pake selametan juga gak boleh sembarangan ngadep, soalnya menurut adat Toraja arah mata angin juga melambangkan kebaikan dan keburukan. Di dalam Tongkonan di bagi menjadi 3 bagian, depan (untuk tidur), tengah (utk aktivitas sehari-hari) dan belakang (utk tempat penyimpanan yg bisa juga di pakai utk menyimpan mayat yg belum dikebumikan). Sementara Lumbung selain utk menyimpan hasil bumi di atasnya, di bawahnya bisa digunakan sebagai tempat pertemuan. Bangunan rumah ini bisa juga menunjukkan kasta dari si pemilik rumah semakin bangsawan ukiran dan aksesorisnya (tanduk kerbau dan rahang babi) juga semakin meriah,dan semakin rakyat jelata rumahnyapun semakin plain (biasa-biasa aja).
OKay dah cape nih muter-muter,tapi santai aja ni baru hari pertama di TATOR rencana kita ngabisin 2 hari di sini. So...ceritanya nyambung lagi di SS4 yah......
Aaahhhh...ada yang lupa...kita sewa mobil 250rb,tyus guidenya 100rb, di setiap tempat wisata bayar 5rban (soale wisatawan domestik)...hm...apalagi ya....kayana itu dulu deh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar